Pentingnya informasi yang kita dapatkan , bisa mempengaruhi seberapa cepat kita mengatasi permasalahan yang ada. Oleh karena itu website ini bertujuan untuk membantu mereka yang membutuhkan solusi dari masalah yang mereka hadapi.

Breaking

Thursday, January 25, 2018

Mengenal Dan Mencari Solusi Masalah Jaringan

           

             Hallo nawak pada kesempatan artikel kali ini saya akan membahas tentang Mengenal Dan Mencari Solusi Masalah Jaringan. Karena saat ini kita selalu membutuhkan jaringan entah itu dari Handphone kita ataupun signal dari Wifi. Karena tampa adanya jaringan, kita pasti merasa sulit untuk berkomunikasi dengan lain.

             Tahukah kalian, bahwa jaringan memiliki sisi positif maupun sisi negatif. Oleh karena itu pertama-tama saya akan membahas tentang sisi positif dan juga sisi negatifnya.

Sisi Positif

-  Kita dapat berkomunikasi dengan laiinya dimanapun nawak-nawak berada asalkan ada jaringan.
-  Mudah mencari informasi dimanapun nawak-nawak berada dengan adanya jaringan.
-  Dapat mengirimkan data dimanapun nawak-nawak berada.

intinya, asalkan ada jaringan nawak-nawak bisa melakukan apapun dalam penggunaan komputer/laptop, ataupun Handphone kalian.

Sisi Negatif

-  Hal yang paling merugikan kita akibat jaringan ini adalah terjadinya hacking/pencurian data tampa kita sadari. karena bisa saja jaringan menjadi down sehingga ada cela yang membuat mereka melakukan hal tersebut.

              Dari sisi negatif itu membuat kita harus bersiaga dan berhati-hati dalam melindungi data yang kita miliki. jadi saya sarankan jangan asal membuka website meski rasa ingin tau kita tinggi, lebih baik kita menahannya. karena demi menyelamatkan kita dari serangan-serangan tersebut. Istilah dari serangan tersebut dalam bahasa komputer adalah Spyware(sebuah software yang dapat menginstal sendiri dalam system komputer yang bertujuan untuk mencuri data atau memantau pengguna komputer tersebut).

              Itulah sisi positif dan sisi negatif dari jaringan. Dan sekarang saya akan memberikan solusi dalam masalah yang kita dapatkan dari jaringan yang kita gunakan.

1. Tidak dapat menyambungkan jaringan pada HP atau laptop/PC kita

-  Untuk HP Android/IPhone yang tidak terhubung kadang membuat nawak-nawak kesal bukan, nah oleh karena itu mari kita tuntaskan solusi tersebut. Untuk pertama coba nawak mengsetting waktu dan tanggal, karena ini dasar dalam menyambungkan jaringan wifi ke android kita. Berikutnya jika tidak terhubung silahkan tekan forgot network yang bertujuan agar nawak bisa memasukan ulang kata sandi wifi kalian, karena bisa jadi nawak salah menaruh password wifi tersebut. Masih belum bisa? Coba bersihkan Cache yang ada di HP kalian, mungkin Cache di HP nawak full. Masih belum bisa aja? Coba nawak matikan dulu antivirusnya, bisa jadi antivirus kalian mengalami eror pada sistem. Dan yang terakhir apabila masih belum bisa konek silahkan nawak menuju ke pengaturan →wifi→pilih wifi yang akan di konek→ centang tampilan opsi lanjut→setelan ip diubah dari DHCP menjadi static→isikan kolom IP(192.1681.46)/konek ke alamat IP teman anda→finish.

2. Tidak dapat terhubung ke jaringan wifi menggunakan PC/Laptop

-  Bukan cuma hp, biasanya masalah ini ditemukan juga di PC/Laptop nawak sekalian. Apa penyebabnya? Penyebab dari masalah ini ialah terletak pada Driver kita. coba cek driver kalian apakah terdapat tanda seru seperti dibawah ini apa tidak. windows+r→klik kanan pada komputer→klik manage→klik network adapter.

Jika terdapat tanda seru seperti diatas, segeralah menginstal penuh driver dengan menggunakan kabel LAN agar dapat konek kedalam PC/Laptop kita. jika sudah terinstal maka permasalahan sudah selesai. Berikutnya masih belum bisa konek. tentang nawak gak perlu galau dan bingung, silahkan masuk ke start→control panel→klik network and internet→network and sharing center→change adapter setting. jika sudah maka kalian akan masuk ke network connection seperti dibawah ini

maka langkah selanjutnya silahkan klik properties→Internet Protocol Version 4→tekan sekali→properties maka akan masuk ke properties Internet Protocol Version4 seperti dibawah ini

Selanjutnya silahkan plih obtain IP dan DNS kalian automatically sehingga IP dan DNS akan mencari IP dan DNS secara automatis. selanjutnya klik ok dan tunggu beberapa detik.
Seharusnya sudah selesai jika masih belum terhubung dengan jaringan, maka saya sarankan untuk instal ulang, karena terkadang windows kita mengalami crash/kerusahkan, oleh karena itu lakukan instal ulang jika 2 cara diatas tidak menyelesaikan masalah kalian.

Untuk permasalahan terhadap Wifi id yang tidak terhubung cara gampangnya, kalian cukup mendownload wifi.id GO . tinggal make disitu lebih mudah kok dalam mengaksesnya.

Itulah solusi yang dapat saya berikan kepada kalian, oh ya nawak untuk kecepatan dll itu adalah penyebab dari banyaknya pengguna dan juga cuaca yang menyebabkan jaringan buruk. Dan juga kecepatan turun diakibatkan kita banyak membuka aplikasi terutama youtube dan juga instagram yang memakan kecepatan dari wifi tersebut. Jadi sadar diri ya jangan lupa banyak yang make, seikhlasnya dah dan pengertiannya untuk saling membagi signal.

3 comments: